Baby Hello Kitty
Instagram

Baby Hello Kitty

Senin, 21 Agustus 2017

ESENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS




Sekolah Guru Indonesia (SGI) memfasilitasi para guru untuk terus belajar dan mengupgrade kompetensi keguruannya melalui sebuah pelatihan. Pelatihannya berawal dari studium general pada tanggal 12 Maret 2017 sampai dengan sekarang, yang bertempat di Limo Depok. Pemateri atau fasilitator pelatihan ini adalah para guru-guru (aktivis SGI) yang pernah mengikuti pelatihan serupa sebelumnya, mereka diantaranya adalah bu suherma, bu azizah, dan bu Nur Hidayah. Sedangkan peserta pelatihannya adalah  9 orang guru MI/SD yang berasal dari wilayah Depok.
Salah satu materi penting dari pelatihan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini Seiring dengan slogan yang digalakkan oleh pemerintah saat ini tentang “Guru Mulia Karena Karya”. Maka dari itu SGI mengganggap bahwa pelatihan PTK ini penting untuk diberikan kepada para guru, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan menulis para guru, menciptakan sebuah karya dan  juga PTK ini dapat digunakan sebagai bahan portofolio  untuk peningkatan angka kredit guru (naik golongan).
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran dikelas. Penjabaran materi tentang PTK dilaksanakan sehari full pada minggu, 02/04/2017, praktik pelaksanaan PTK di sekolah masing-masing,  kemudian dilanjutkan dengan bimbingan dan coaching oleh fasilitator pelatihan. Minggu demi minggu pelatihan dilaksanakan, dan tibalah pada kamis,12/05/2017 guru-guru yang mengikuti pelatihan tersebut melaksanakan ujian Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  
Saya Ades Marsela (Guru Ades) sebagai penguji PTK, mendapatkan insight tersendiri ketika menguji Penelitian Tindakan Kelas para guru yang mengikuti pelatihan tersebut. Insightnya adalah tentang esensi dari PTK itu sendiri.
Esensi penelitian tindakan kelas bukan hanya  terletak kepada seberapa besar indikator keberhasilan yang dicapai oleh siswa. Melainkan yang terpenting bahwa esensi Penelitian Tindakan Kelas itu adalah untuk memperbaiki pola pembelajaran secara terus menerus, tiada henti. Siklus demi siklus, dan  didalamnya harus mencerminkan perbaikan demi perbaikan yang dicapai, serta siklus sebelumnya merupakan dasar bagi siklus selanjutnya. Tentu, hasil pada siklus berikutnya seharusnya lebih baik dari siklus sebelumnya. Jika PTK dilakukan secara berkelanjutan dari siklus yang satu ke siklus yang lain, maka akan ditemukan model pembelajaran yang terbaik. Demikian seterusnya, sehingga PTK dapat dilakukan secara continue dikelas-kelas  yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan belajar dikelas tersebut. (Ujar Guru Ades, penguji PTK)
Semoga guru-guru seluruh Indonesia terus bersemangat melejitkan dirinya melalui tulisan atau karya ilmiah, dan tak henti-hentinya mengupgrade kompetensi dirinya, serta selalu termotivasi untuk memperbaiki setiap permasalahan belajar di kelas.
Kemmis (1994) mengemukakan bahwa Penelitian Tindakan merupakan suatu bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh pelaku dalam masyarakat dan bertujuan untuk memperbaiki pekerjaannya, memahami pekerjaan itu sendiri serta situasi dimana pekerjaaan tersebut dilakukan. Sedangkan menurut Kurt Lewin penelitian tindakan merupakan suatu rangkaian langkah (a spiral steps) dimana setiap rangkaian langkah terdiri empat tahap seperti; perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.
#kelas Penulisan
#Dompet dhuafa.
#latepostujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar