Ini kelompok kelas kreatif dan kelas refleksi ku..
Ada si cantik ades yg doyan selfi, ada kak
ulfa si feminim, Ada kak riki si ikhwan soleh, ada kak ade si bijak dalam
bidang pendidikan, daaan ada si boboy wahyu yang doyan selfie jugaa heheh.
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian
yang dilakukan oleh guru dengan cara merencanakan, melaksanakan, mengamati dan
merefleksi yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar
siswa. Jadi, ketika kami berkunjung kesekolah kami menginterview kepala sekolah
tentang kinerja guru di SDN 04 Jampang. Selain bertanya kepada sekolah kami
juga bertanya kepada kepada objek langsungnya yaitu siswa. Kami bertanya tenang
kesulitan belajar yang dialami siswa, pelajaran yang tidak mereka sukai beserta
alasannya, serta guru yang sangat mereka sukai ketika mengajar dan banyak
pertanyaan lain.
Setelah melakukan interview dengan kepala
sekolah, guru dan siswa, kami menemui sebuah permasalahan di siswa kelas VI
yaitu banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran bahasa inggris karena cara
penyampaian materi pelajaran oleh guru sangat monoton sehingga menyebabkan
minat belajar bahasa inggris siswa menjadi sangat rendah.
Setelah itu kami berinisiatif untuk
menghubungkan penelitian sebelumnya tentang media pembelajaran dengan
penelitian tindakan kelas. Jadi judul dari PTK kami adalah “Pemanfaatan
Permainan Ular Tangga sebagai Media untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa pada
mata pelajaran Bahasa inggris di SDN 04
Jampang.
Permasalahan yang berawal dari ketidak sukaan
dengan pelajaran bahasa inggris, yang menyebabkan hapalan kosa kata
(vocabulary) siswa pun sedikit. Dari masalah tersebut dengan Penelitian
Tindakan kelas, kami membuatkan sebuah solusi media pembelajaran bahasa inggris
yang tujuannya agar siswa dapat memahami dan mengingat banyak kosakata dalam
bahasa inggris. Seperti yang telah disebutkan diatas media pembelajarannya
yaitu permainan ular tangga, cara permainannya adalah setiap angka yang
dimainakn oleh siswa akan mendapatkan soal dalam bentuk bahasa indonesia
kemudian di jawab dalam bahasa inggris oleh siswa. Permainan ini adalah salah
satu metode pembiasaan bagi anak-anak dalam menghapal kosa kata dalam bahasa
inggris.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar